Loading...

Karimun Jawa, Backpacker Vs Travel Biro

Loading...
Loading...

Sedang menyusun rencana berlibur ke Karimunjawa? tapi bingung pilih backpackeran atau lewat biro tour. Beberapa referensi di internet memberikan info yang berbeda-beda terkait total biaya. Beberapa menganjurkan backpaker karena murah meriah dan sebagian lagi menyarankan paket tour murah yang nyaman dan aman.
Biar kamu nggak bingung lagi, berikut ada tips berwisata ke Karimunjawa dengan dua metode tersebut. Kamu bisa melakukan perbandingan sesuai kondisi, selera dan budget yang tersedia. Baik backpakeran maupun ikutan biro tour bisa tetap seru, asal kamu memilih yang tepat. Selengkapnya, yuk kita bahas di bawah ini.

Ala Backpacker

Secara umum berwisata ala backpacker memang murmer (murah meriah) dan cocok jika kantongmu sedang tipis. Tapi kamu harus siap mental dan bertahan dengan segala ketidakpastian sepanjang perjalanan. Fisik pun harus kuat, nggak punya malu dan nggak boleh jadi penakut. Jika kamu memilih backpackeran kesana, perhatikan hal-hal berikut:

- Menemukan Transportasi Umum yang Murah
Kamu bisa menempuh jalur udara, darat atau laut menuju Pelabuhan Kartini di Jepara. Darisana kamu bisa menyeberang dengan speedboat ke Karimunjawa. Besarnya ongkos tranportasi tergantung armada yang kamu pilih dan berangkat dari mana. Rata-rata backpacker menyukai jalur darat yang lebih fleksibel dan murah.

- Cari Kereta Ekonomi untuk Berhemat Ongkos Transportasi Peyeberangan
Turis dengan budget lebih umumnya akan menyewa kapal atau speedboat untuk menyeberang. Tapi untuk backpacker itu hanya buang-buang uang, toh ada kapal kelas ekonomi seperti KMP Siginjai. Jalannya memang lambat, namun cukup nyaman dan seru.

- Jangan Ragu dan Malas Berburu Penginapan Murah
Sesampainya disana, kamu harus menemuka tempat menginap dulu. Banyak penginapan murah di sana dengan harga mulai Rp100 ribu per malam. Menurut kabar ada yang lebih murah lagi, bila kamu rajin keluar masuk penginapan untuk membandingkan harga.
Beberapa backpacker ada yang memilih tidur ngemper atau camping di pinggir pantai. Cara hemat yang efektif dan banyak dilakukan backpacker sejati. Jangan lupa meminta ijin warga sekitar dan pastikan tempat berkemah aman.

- Bawa Bekal Makanan Cukup
Backpacker juga sangat irit dalam hal konsumsi. Biasanya mereka membawa bekal makaanan siap saji dan snack. Mereka hanya makan beberapa kali di warung atau resto terdekat dan mencari yang murah meriah.

- Menjelajahi Karimunjawa di Daratan dan Lautan
Kamu bisa sewa motor atau membawa motor sendiri untuk mengeksplore daratan pulau ini. Mengelilingi pulau-pualu dengan kapal, trekking, snorkeling, diving, memancing dan wisata kuliner adalah sejumlah kegiatan menarik yang banyak diminati. Kamu bisa berwisata sepuasnya sesuai rencana dan budget.


Lewat Biro Tour

Kamu yang suka kepraktisan, butuh liburan yang nyaman dan didukung fasilitas memadai sangat dianjurkan mencari paket tour murah. Sudah banyak agen yang menawarkan paket perjalanan tempat wisata populer di Indonesia tersebut dengan itinerary dan biaya murah. Jika kamu memilih langkah ini, maka perhatikan beberapa poin berikut ini:

- Pastikan Biro Tour Pilihanmu Terpercaya dan Berpengalaman
Saran ini mungkin klasik, tapi pilihan yang tepat menentukan liburan yang seru, nyaman dan berkualitas. Sebelum menjatuhkan pilihan kumpulkan beberapa biro wisata untuk perbandingan. Pilih yang sesuai dengan harapan dan keinginanmu.
Sangat disarankan kamu memilih agen yang memiliki spesialisasi karena lebih nyaman dna aman. Biro wisata rata-rata punya spesialiasi berdasarkan destinasi dan pelayanan. Hal ini ditentukan berdasarkan tujuan wisata dan wilayah. Selain lewat internet, kamu bisa menemukan informasi biro wisata terpercaya dari teman.

- Detail Melihat Itinerary dan Fasilitas yang Diberikan Sebelum Melakukan Transaksi
Tips Berwisata ke Karimunjawa - photo by agan mimitmamat
Jangan hanya tergiur dengan harag murah yang ditawarkan biro tour. Biaskaan untuk melakukan cek & ricek sebelum bertransaksi, jika tak ingin menyesal akhirnya. Setiap biro wisata menawarkan paket dengan harga beragam dan fasilitas berbeda-beda. Kamu harus tahu apa saja yang akan kamu dapat lewat itinerary yang biasanya dijelaskan.
Sejumlah biro tour ada yang memberikan paket lengkap, termasuk soal akomodasi, pemandu, penyewaan peralatan wisata dan sebagainya. Semakin detail dan lengkap fasilitas yang diberikan, harga umumnya akan lebih mahal. Jadi pilihlah paket wisata murah sesuai kebutuhan dan budgetmu.

Setelah menemukan biro tour yang tepat, jangan lupa menentukan waktu libur, lamanya liburan dan mempersiakan segala keperluan berwisata. Bawa barang dan uang tunai secukupnya saja, karena fasilitas di Karimunjawa sudah cukup lengkap dan memadai. Keunggulan memakai jasa biro tour ialah kamu tidak dipusingkan dengan akomodasi dan cukup menikmati liburan berkualitas.

Informasi Penting yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Berangkat

  1. Jangan datang ketika curah hujan tinggi atau cuaca sedang buruk. Hal ini bisa membuatmu terjebak berhari-hai di Karimunjawa, sementara mesin ATM dan listrik terbatas. Datanglah ketika cuaca cerah atau saat high season. Misalnya di bulan Oktober yang biasanya ada cara bertaraf internasional, 'Karimunjawa Sail'.
  2. Jangan lewatkan mengunjungi pulau-pulau menakjubkan di Karimunjawa. Beberapa yang terkenal ialah Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Tengah, Pulau Kecil dan Pulau Cemara. Selain menikmati keindahan pantai dan lautan, kamu juga bisa menjelajah daratannya.




Sumber : http://www.kompasiana.com/royrr/tips-ke-karimunjawa-pilih-backpackeran-atau-lewat-biro-tour_564a0de0ce7e615f09f50f8a
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel