Loading...

Mudik Sambil Wisata? Begini Caranya

Loading...
Loading...

Salah satu jalur yang paling terkenal digunakan saat mudik adalah Jalur Pantura atau Jalur Pantai Utara Jawa. Mendekati lebaran jalur ini akan semakin sesak dipadati ribuan kendaraan tiap jamnya. Nah, buat meminimalisir resiko kelelahan saat mudik di Jalur Pantura ada baiknya singgah dulu di beberapa tempat wisata di kota-kota yang dilalui jalur ini.
Travelingyuk mengumpulkan setidaknya ada 7 kota yang punya tempat wisata menarik untuk disinggahi saat melewati Jalur Pantura. Mulai dari Cirebon hingga Semarang, inilah tempat wisata di sepanjang Pantura yang bisa dijadikan tempat beristirahat selama mudik lebaran.

1. Kampung Batik Trusmi, Cirebon

Bagi traveler yang kepikiran untuk membeli baju seragam batik untuk keluarga besar di kampung bisa mampir dulu ke Kampung Batik Trusmi. Kampung batik ini bisa traveler jumpai saat melintasi Pantura menuju ke Jawa Tengah via Cirebon. Lokasi kampung ini pun berada dekat dengan jalur utama Pantura, traveler tinggal mengarahkan kendaraan dari tol Kanci ataupun pertigaan Palimanan ke arah kiri hingga bertemu perempatan Plered. Dari sana ambil arah kiri lagi dan di kawasan tersebut akan nampak toko-toko batik yang menjadi tanda bahwa kamu sudah sampai di Kampung Batik Trusmi.
Saat musim mudik lebaran seperti sekarang, Kampung Batik Trusmi akan banyak dikunjungi wisatawan khususnya mereka yang hendak mudik ke kampung halaman. Kebanyakan corak batik yang ditampilkan adalah corak pesisir dengan kisaran harga antara Rp. 25 ribu hingga Rp. 300 ribu. Harga yang terjangkau tentu pas untuk dijadikan oleh-oleh keluarga besar di kampung.

2. Batang Dolphin Center, Batang

Enaknya mudik dengan kendaraan pribadi adalah pemudik bisa sewaktu-waktu memilih tempat istirahat atau berkunjung ke tempat-tempat wisata di sepanjang perjalanan. Nah, kalau rute mudiknya mau ke Semarang, Tuban, dan Surabaya pasti akan melintasi Batang. Di kota ini terdapat tempat wisata yang sangat disukai anak-anak bernama Batang Dolphin Center.
Batang Dolphin Center adalah pusat pelestarian lumba-lumba sekaligus menjadi destinasi wisata. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 20 ribu, pengunjung akan dihibur dengan berbagai atraksi lumba-lumba yang imut. Berkunjung ke tempat seperti ini terkadang menjadi cara jitu untuk membuat anak-anak tidak jenuh dan rewel. Lokasi Batang Dolphin Center ini berada di dekat alun-alun Batang.

3. Pantai Widuri, Pemalang

Di dekat jalur arteri Pantura di Pemalang terdapat tempat wisata keren berupa pantai. Inilah pantai Widuri yang letaknya ada di desa Widuri. Bisa dibilang bahwa pantai ini merupakan Ancolnya kabupaten Pemalang karena selain pantai, kawasan ini juga dilengkapi beragam fasilitas permainan yang modern.
Pantai Widuri memiliki fasilitas permainan berupa waterslide atau perosotan air setinggi 13 meter lengkap dengan waterboom dan kolam renang di dalamnya. Tiket masuknya pun tergolong murah meriah yang tidak sampai ratusan ribu. Kalau mudik saat puasa khawatir batal jika bermain air maka kamu bisa bersantai di pinggir pantainya dengan menyaksikan deburan ombak dan menikmati semilir angin sambil istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

4. Wisata Bahari Lamongan, Lamongan

Sesampainya di jalur Pantura yang ada di Lamongan, pemudik akan disambut dengan dua tempat wisata paling keren kabupaten tersebut yakni Gua Maharani dan Wisata Bahari Lamongan (WBL). Gua Maharani disebut sebagai salah satu gua paling indah di Indonesia ini terletak di kecamatan Paciran atau berada di tepi jalur utama Pantura atau Jalan Raya Daendels.
Sedangkan tak jauh dari sana tepatnya di Jalur Pantura Surabaya-Tuban terdapat Wisata Bahari Lamongan yang punya banyak wahana seru. Pengunjung di WBL ini bisa memilih untuk berkunjung ke zona seperti Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Space Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut.

5. Wisata Batik, Pekalongan

Pekalongan adalah salah satu daerah yang dilewati jalur Pantura yang sekaligus wajib disinggahi jika mau membawakan oleh-oleh kain bati berkualitas untuk sana famili. Karena kabupaten ini memang dikenal sebagai Kota Batik sampai-sampai diabadikan dalam sebuah lagu. Lantas dimana membeli bati di Pekalongan?
Sebenarnya tidak sulit untuk mencari batik di Kota Batik. Hampir di setiap sudut kota banyak ditemukan toko kain batik. Dari sekian banyak kawasan ada beberapa tempat yang paling direkomendasikan untuk berbelanja batik yaitu di Kampung Batik seperti Pesindon, Kauman, Binagriya, Buaran dan Degayu. Di kampung-kampung batik tersebut traveler bukan hanya bisa membeli kain saja namun juga belajar dan melihat bagaimana proses pembuatan kain batik itu sendiri.

6. Pantai Alam Indah, Tegal

Baik saat mudik atau balik, kalau melewati Pantura khususnya yang ada di Tegal jangan lupa mampir ke Pantai Alam Indah. Pantai ini pas untuk jadi destinasi singgah lantaran posisinya yang berada di dalam jalur Pantura sehingga pemudik tak perlu melipir jauh ke luar jalur saat mau berkunjung.
Pantai Alam Indah memang memiliki alam yang indah walaupun warna pasirnya tidak putih. Pantai ini punya pemandangan yang fotogenik apalagi saat senja hari, cobalah untuk berjalan di dermaga kayunya hingga ke tengah dan ambil gambar dari posisi tersebut. Dijamin kamu bakal mendapatkan gambar yang ciamik.

7. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Mudik lewat Pantura pasti melewati Semarang. Keuntungan yang didapat dari sana adalah traveler bisa singgah di beberapa tempat menarik yang ada di kota Loenpia ini. Yang pertama datang ke Masjid Agung Jawa Tengah yang punya arsitektur khas Timur Tengah lengkap dengan payung besar seperti di Masjid Nabawi.
Destinasi berikutnya adalah Lawang Sewu, bangunan kuno peninggalan Belanda yang terkenal sangat angker ini kini memiliki wajah yang lebih segar setelah dilakukan beberapa kali renovasi. Kesan angker tidak nampak lagi di bangunan yang saling berhadapan dengan Tugu Muda ini. Mumpung masih di Semarang sekalian aja menyempatkan diri berkunjung ke Kuil Sam Poo Kong, rumah ibadah warga Tionghoa yang punya arsitektur seperti di negeri China.
Itulah sekelumit tempat wisata yang bisa disinggahi pemudik yang melintasi jalur Pantura. Jika kamu punya rekomendasi lain bisa menuliskannya di kolom komentar.


Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel