Loading...

Objek Wisata Gunung Kawah Papandayan

Loading...
Loading...
hutanmati
Satu lagi kawah yang paling dicari oleh semua orang yaitu kawah papandayan, selain kawah kamojang kawah ini adalah kawah yang menjadi primadona Wisata Garut. Kawah ini berada di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Garut, Jawa Barat. Gunung berapi yang masih aktif ini berada di ketinggian sekitar 2.665 dpl. Gunung ini pernah menjadi sorotan Indonesia pada bulan agustus tahun 1772 saat gunung ini meletus mengeluarkan berkubik-kubik material hingga menelan sekitar 3000 korban jiwa dan menimbun 40 desa disekitarnya. Luas kawasan ini sekitar 7132 Ha.
20151112_140638

Menelusuri setiap langkah kawah papandayan ini menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Karena disini kita bisa melihat seluruh ciptaan sang kuasa yang tak mungkin bisa di ungkapkan dengan kata-kata. Dari area parker kita diharuskan berjalan kaki sekitar 20 menit untuk menuju ke tengah kawah. Nama papandayan itu sendiri memliki cerita, berasal dari bahasa sunda “Panday” yang berate pandai besi. Konon dahulu para warga yang melintas di gunung ini sering terdengar suara-suara yang mirip dengan tempat pandai besi, suara itu berasal dari kawah yang masih aktif, demikianlah gunung ini dinamakan Gunung Papandayan oleh masyarakat sekitar gunung.
Dikawah ini teradapat 14 kawah dan yang paling besar adalah kawah Mas dengan lebar kurang lebih 150 meter. Kawah ini bergemuruh layaknya suara mesin pesawat jet. Dari 14 kawah ini masing-masing kawah mengeluarkan asap yang berberda-beda ada yang berwarna hijau hingga ada yang berwarna emas. Udara disekitar kawah cukup panas, sehingga saya sarankan untuk memakai baju dengan bahan yang dingin. Selain menikmati kawah disana kita juga bisa menemukan hamparan bunga Eidelweiss (anaphalis javanica). Sebagian orang percaya bahwa air yang ada dikawah ini bisa digunakan sebagai obat yang paling mujarab untuk penyakit kulit.
1916488_1069156424393_7852935_n 
563955_2292705212348_487826184_n 
pondok saladah sunrise 
Daya tarik lainnya ialah aktivitas para pengunjung yang memiliki tingkat dari sedang hingga menantang, seperti melihat atau berfotografi pemandangan panorama alam pegunungan, kawah, hutan dan flora-faunanya. Juga penelitian pendidikan cagar alam, piknik hingga berkemah di taman wisata alam. Untuk menuju ke kawasan ini kita bisa ambil jalur dari garut kota – bayongbong – cisurupan – gunung papandayan dan memakan waktu sekitar 45 menit dengan jarak 9 KM dan 24 KM. Jalannya pun bagus dan mulus sehingga mempermudah bagi para pengunjung yang membawa kendaraan sendiri. Sekian info Objek Wisata Kawah Papandayan dari saya semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda kedepan.

hutan mati 

Sumber : http://digarut.com/objek-wisata-kawah-papandayan.html
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel