Loading...

Indahnya Pesona Afrika Selatan. Destinasi Liburan Berikutnya

Loading...
Loading...
Benua Afrika tidak selalu identik dengan kerusuhan dan kelaparan saja lho. Asal kamu tahu, di dalam daratan yang dikenal dengan julukan Benua Hitam ini tersimpan kekayaan alam yang tidak ada bandingannya. Sebagai contoh kecil, paket wisata safari terbanyak dan terlengkap hanya bisa ditemukan di benua ini termasuk keberagaman satwanya yang paling kaya sedunia.
Lantas butuh alasan apalagi biar traveler mau beranjak dari zona mainstream yang sukanya pergi ke Eropa agar mau berkunjung ke Afrika? Cobalah datang ke Afrika Selatan terlebih dahulu, negara yang berada di ujung selatan ini akan merubah total pandanganmu terhadap Afrika selama ini. Beberapa destinasi yang bisa kamu jelajahi di sana antara lain sebagai berikut.

1. Johannesburg

Sebagai kota terbesar di Afrika Selatan, Johannesburg layak untuk kamu jadikan tujuan pertama saat berkunjung ke negara ini. Lagi pula sudah hampir pasti jika terbang ke negaranya Nelson Mandela, setiap traveler akan mendarat di bandara yang ada di kota ini sebab Johannesburg adalah pusat penerbangan utama di Afrika Selatan.
Berkeliling di dalam kotanya traveler akan menjumpai banyak bangunan bersejarah, kantor pusat pemerintahan hingga pusat perbelanjaan. Satu destinasi yang tidak boleh dilewati yaitu Museum Apartheid. Di sana kamu akan belajar banyak hal tentang sejarah kelam yang pernah terjadi di negara ini.
Johannesburg, via Instagram
Johannesburg, via Instagram
Dalam buku sejarah kita tahu bahwa pada zaman dahulu orang-orang berkulit hitam di Afrika Selatan mendapatkan diskriminasi rasial yang sangat kentara. Di museum Apartheid inilah kamu akan mempelajari bagaimana masyarakat kulit hitam dalam memperjuangkan kesetaraan yang mereka dapatkan saat ini. Kota besar ini juga memiliki destinasi belanja yang murah lho, konon traveler China paling suka belanja di Johannesburg.

2. Pretoria

Sebagai Ibukota dari Afrika Selatan, Proteria memang memiliki daya tarik sendiri. Bukan karena kemegahan kotanya melainkan keberadaan bunga Jacaranda yang mempesona menjadi pemikat hati traveler untuk berkunjung ke sana. Bunga ini memiliki pohon yang tinggi dan rindang serta memiliki bunga berwarna ungu yang menawan. Biar tidak penasaran kamu bisa melihat penampakan bunga Jacaranda dalam tayangan video di bawah ini.
Sulit untuk menggambarkan penampakan fisik dari pohon bunga Jacaranda. Tapi jika boleh dibandingkan maka gambaran paling dekat dengan pohon ini adalah pohon Sakura yang ada di Jepang, hanya saja bunga yang dihasilkan bukan berwarna pink melainkan ungu. Pada musim semi yang berlangsung antara bulan September hingga November, jalan-jalan di sepanjang Kota Pretoria akan dihiasi dengan mekarnya bunga Jacaranda. Saat itulah para traveler biasanya akan berbondong-bondong berlibur di ibukota Afrika Selatan ini.

3. Taman Nasional Kruger

Taman Nasional Kruger adalah salah satu taman nasional paling terkenal dan menjadi destinasi utama para traveler yang melancong ke Afrika Selatan. Kenyataannya ini bukan hanya sebagai destinasi wisata populer saja namun juga taman nasional terbesar di negara tersebut sehingga akan sangat berharga sekali pengalaman yang didapat jika bersafari di tempat ini.
Taman Nasional Kruger, via Instagram
Taman Nasional Kruger, via Instagram
Setiap traveler yang melakukan wisata safari di Taman Nasional Kruger akan diajak berkeliling membelah savana yang luas dari mobil safari yang dipandu oleh pemandu profesional. Beberapa hewan yang bisa dilihat di alam liar antara lain gajah, singa, zebra dan aneka hewan khas Afrika lainnya. Kalau kamu pernah menonton chanel televisi National Geographic yang menayangkan kehidupan hewan liar di Afrika, seperti itulah sensasi yang akan kamu dapatkan dengan bersafari di taman nasional ini.

4. Cape Town

Traveler tentu sangat mengenal tokoh anti rasial dari Afrika Selatan yang bernama Nelson Mandela. Semua tentang tokoh ini bisa kamu pelajari dengan berkunjung ke Cape Town. Di kota ini terdapat Robben Island, sebuah pulau yang pernah digunakan untuk memenjarakan tokoh anti apartheid yang paling terkenal yang juga sempat menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 hingga 1999.
Cape Town, via Instagram
Cape Town, via Instagram
Tidak hanya berisi aneka pilihan wisata sejarah, Cape Town memiliki sejuta pesona alam yang indah dari pegunungan hingga pantai. Di kota ini ada yang namanya Pegunungan Meja atau Table Mountain, dinamakan demikian karena ada bagian dari pegunungan ini sebuah daerah yang rata dan panjang jika dilihat dari jauh nampak seperti meja. Pantainya tidak kalah menarik, di kota ini terjadi pertemuan antara Samudera Atlantik dan Samudera Hindia.

5. Wine Route

Ternyata bukan hanya Spanyol dan Italia saja yang punya perkebunan anggur sekaligus penghasil wine berkelas. Tidak ada yang menyangka jika Afrika Selatan juga punya yang demikian. Traveler dapat berkunjung ke jalur agrowisata perkebunan anggur yang dinamakan dengan Wine Route.
Wine Route [image source]
Wine Route
Perkebunan anggur ini bisa ditemukan di sepanjang jalur di luar kota Cape Town dan hanya berjarak 30 menit saja. Menariknya, kebun-kebun anggur ini telah ada di sana sejak tahun 1600-an dan menjadi wilayah perkebunan anggur paling besar se-Afrika Selatan. Tidak cuma berkeliling perkebunan saja, traveler juga diajak untuk melihat proses pembuatan wine, mempelajari sejarahnya hingga mencicipinya langsung.

6. Eastern Cape

Dimana lagi kamu bisa menemukan wisata pemacu adrenalin di Afrika Selatan selain di Eastern Cape. Ini adalah tempatnya wisata petualangan yang menawarkan pengalaman bungee jumping paling menegangkan dan salah satu yang tertinggi di dunia. Lokasinya berada di Bloukrans Bridge, sebuah jembatan setinggi 216 meter yang terletak di Tsitsikamma, perbatasan antara Eastern cape dengan Western Cape.
Eastern Cape, via Instagram
Eastern Cape, via Instagram
Selain dikenal dengan bungee jumpingnya yang menegangkan kawasan Eastern Cape ini juga menjadi tujuan untuk trekking. Wilayahnya memiliki hutan hujan yang lebat, dan agen wisata akan menawarimu jelajah kanopi yaitu jalan-jalan di hutan dari atas pohon yang sudah dibangun jembatan gantung. Pantai-pantai di sana juga sering digunakan untuk berselancar oleh traveler dari berbagai belahan dunia lho.
Sekarang sudah tahu kan kalau Afrika Selatan itu memang punya banyak destinasi wisata menarik yang tidak kalah dengan negara-negara maju. So, sekali seumur hidup sempatkan untuk main-main di negara ini guys.




Sumber : travelingyuk.com
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel